Soal Pendidikan Gratis, Ini Kata PGRI Kota Probolinggo

Home / Pendidikan / Soal Pendidikan Gratis, Ini Kata PGRI Kota Probolinggo
Soal Pendidikan Gratis, Ini Kata PGRI Kota Probolinggo Ketua PGRI Kota Probolinggo, Slamet Zainul Arifin (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESKEDIRI, PROBOLINGGO – Kebijakan Pemkot Probolinggo, Jawa Timur, yang menggratiskan pendidikan negeri mulai tahun depan untuk jenjang SD dan SMP sederajat, diapresiasi PGRI kota setempat. 

"Saya sangat mengapresiasi kebijakan yang di ambil pemerintah kota. Semoga program ini menjadi awal yang baik untuk kemajuan pendidikan yang ada di kota Bayuangga ini," kata Ketua PGRI Kota Probolinggo, Slamet Zainul Arifin kepada TIMES Indonesia, Sabtu (25/11/2017).

Bila kemampuan APBD memungkinkan, Zainul berharap pendidikan gratis untuk lembaga swasta, juga diupayakan. "Tapi karena sekolah swasta ini kebijakan dimiliki yayasan, jadi sulit untuk disuruh gratis. Mungkin itu yang jadi kendala," tambahnya.

Baca Juga: Ini Anggaran Pendidikan Gratis di Kota Probolinggo

Dari catatan TIMES Indonesia, wacana pendidikan gratis di Kota Probolinggo telah lama bergulir. Wacana ini bahkan bergulir sejak era pemerintahan HM. Buchori-Bandyk Soetrisno. Pemkot juga pernah melibatkan perguruan tinggi di Malang untuk menghitung kebutuhan anggaran untuk merealisasikan wacana tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, impian pendidikan gratis di sekolah negeri di Kota Probolinggo,  jadi kenyataan tahun depan. Seluruh biaya pendidikan akan disubsidi dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah pusat, dan BOSDA dari pemerintah setempat.

Untuk memberikan BOSDA di lembaga negeri ini, Pemkot mengalokasikan anggaran hampir Rp 20 Miliar dalam APBD 3018, yang belum lama disahkan. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com