Opini

Mepertanyakan Integritas Politisi Muda

Home / Opini / Mepertanyakan Integritas Politisi Muda
Mepertanyakan Integritas Politisi Muda Muhammad Fahmi Hidayatullah, Dosen FAI Unisma Malang (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESKEDIRI, MALANG – PERISTIWA peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017 masih menyisahkan dalam ingatan penulis yang bisa dikatakan gagal move on dari peristiwa tersebut. Energi peringatan tersebut menyulut reaksi berbagai kalangan hingga puncaknya pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 1945 yang melibatkan berbagai kalangan muda yang tergabung dalam pasukan laskar santri serta arek-arek Suroboyo.

Perjuangan tersebut sebagai bukti bahwa kontribusi pemuda dalam mempertahankan tanah air tidak perlu dipertanyakan lagi. Pembelaan terhadap negara dengan loyalitas dan totalitas tinggi tidak sedikitpun dapat kita ragukan dan hal tersebut dapat dipertanggung jawabkan keberdaannya.

Ideologi cinta tanah air yang mengakar serta tumbuh subur dalam pikirannya sampai pada akhirnya generasi pemuda saat ini sering kali disebut dengan pemuda milenial atau pemuda zaman now yang menjadi sebuah tranding topik di berbagai media sosial baik twitter, facebook dan instagram.

Hal tersebut merupakan keinginan adanya pengakuan pemuda Indonesia yang haus akan inovasi dan keinginannya untuk dianggap sebagai sosok bangsa yang selalu berada di garda terdepan ketika berurusan dengan tanah air. Rasa memiliki inilah yang perlu kita berikan penghargaan terhadap muda-mudi berprestasi.

Menteri pemuda dan olahraga mengangkat tema Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89  dengan tema “Pemuda Indonesia Berani Bersatu”. Tema tersebut sangat sesuai dengan jiwa muda menteri kita Menpora Imam Nahrawi, merepresentasikan sosok pemuda yang bisa menjadi menteri dalam usia yang sangat brilian.

Selain itu tema tersebut juga memantik semangat seluruh pemuda di seluruh penjuru tanah air untuk menjaga kebhinekaan serta memajukan bangsa yang diawali oleh generasi pemudanya. Menjaga kebhinekaan dalam hal ini pemuda harus mampu menguatkan nilai persatuan dan kesatuan yang tertera dalam pancasila sila ke tiga.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com