Pilkades Serentak Banyuwangi

'Silahkan Kirim Surat ke Unej Jika Ingin Tahu Hasil Tes Calon Kades'

Home / Berita / 'Silahkan Kirim Surat ke Unej Jika Ingin Tahu Hasil Tes Calon Kades'
'Silahkan Kirim Surat ke Unej Jika Ingin Tahu Hasil Tes Calon Kades' Poster berisi tuntutan agar hasil tes tulis bakal calon kades bertebaran di Desa Sragi, Jumat (3/11/2017). (Foto : Istimewa)

TIMESKEDIRI, BANYUWANGI – Menyikapi tuntutan warga Desa Sragi, Kecamatan Songgon agar panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten membuka hasil penilaian tes tulis bakal calon kepala desa dianggap kurang tepat.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Desa Kabupaten Banyuwangi, Abdul Aziz Hamidi menyatakan, panitia Pilkades kabupaten tidak memiliki kapasitas untuk menerima permohonan agar hasil penilaian tes tulis itu dibuka.

“Panitia sama sekali tidak memiliki dokumen tes tulis itu. Penyusunan soal ujian, pengawasan, dan penilaian menjadi kewenangan Universitas Jember (Unej) sebagai tim independen yang kami tunjuk,” ungkap Aziz, Sabtu (4/11/2017).

Jika ada pihak yang keberatan atau ingin mengetahui hasil tes tulis bakal calon kepala desa, Aziz menyarankan untuk mengirim surat kepada Rektor Unej.

Tapi, lanjut Aziz, pihaknya tidak menjamin jika surat permohonan itu bakal dikabulkan. Karena hasil ujian tes tulis tersebut bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Menurut Aziz, panitia Pilkades kabupaten telah menunjuk dua perguruan tinggi, yakni Unej Jember dan Universitas 17 Agustus (Untag) 1945 Banyuwangi untuk melakukan proses tes tulis tersebut.

“Layankan saja surat permohonan ke Rektor Unej Jember. Jangan ke Untag karena yang menjadi ketua tim penguji dari Unej,” tambah Aziz.

Lebih lanjut Aziz menjelaskan, panitia kabupaten hanya sebatas menerima hasil tes tulis dari tim independen dan telah diumumkan secara terbuka dimasing-masing desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak 2017.

Seperti diberitakan sebelumnya, warga Desa Sragi pada Jumat lalu (3/11/2017) ramai-ramai memasang poster berisi tuntutan agar panitia Pilkades membuka hasil tes tulis bakal calon kepala desa setempat. (*)

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com