Benarkah Temulawak Efektif Menambah Nafsu Makan?

Home / Gaya Hidup / Benarkah Temulawak Efektif Menambah Nafsu Makan?
Benarkah Temulawak Efektif Menambah Nafsu Makan? ILUSTRASI - Nafsu Makan Meningkat. (FOTO: OkayDoc.com)

TIMESKEDIRI, JAKARTATemulawak dikenal mampu mengatasi masalah pencernaan, mengobati jerawat, menjaga kesehatan hati, hingga yang paling terkenal sebagai penambah nafsu makan anak. Benarkah temulawak bisa menambah nafsu makan?

Tidak sedikit yang meyakini keampuhan temulawak dalam menambah nafsu makan. Klaim ini juga didukung oleh sebagian ahli, walaupun banyak pula yang menentangnya karena belum terdapat bukti yang menjanjikan.

Beragam penelitian memang telah membuktikan khasiat temulawak untuk kesehatan sistem pencernaan. Sayangnya, belum terdapat penelitian yang secara gamblang menyatakan bahwa temulawak dapat meningkatkan nafsu makan.

Meski tidak secara langsung berperan sebagai penambah nafsu makan, bukan berarti temulawak tidak bermanfaat untuk anak Anda. Pasalnya, temulawak dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan yang menjadi penyebab nafsu makan menurun.

Contohnya, beberapa anak mungkin tidak mau makan karena mengalami kembung, sakit perut, atau maag. Nah, kurkumin dalam temulawak bisa membantu mengatasi masalah tersebut agar nafsu makan anak kembali normal.

Temulawak mungkin belum terbukti ampuh menambah nafsu makan. Meski demikian, konsumsi kurkumin dalam temulawak tetap memberikan manfaat bagi kesehatan pencernaan. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com