Jangan Lewatkan Makan Sahur, Ini 6 Manfaat Sahur saat Puasa Ramadhan

Home / Gaya Hidup / Jangan Lewatkan Makan Sahur, Ini 6 Manfaat Sahur saat Puasa Ramadhan
Jangan Lewatkan Makan Sahur, Ini 6 Manfaat Sahur saat Puasa Ramadhan Ilustrasi makan sahur. (INDRANIL MUKHERJEE/AFP/Getty Images)

TIMESKEDIRI, JAKARTA – Makan sahur bagi sebagian orang berat untuk dilakukan. Bagaimana tidak? Anda harus bangun saat nyenyak-nyenyaknya tidur. Meski demikian, Anda jangan melewatkan makan sahur terlebih saat bulan Ramadhan. Makan sahur dilihat dari kacamata medis ternyata juga membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat sahur?

Dilansir dari Dokter Sehat, berikut ini adalah manfaat sahur yang perlu Anda ketahui.

1. Memberikan Energi

Manfaat makan sahur bagi kesehatan yang utama adalah memberi pasokan energi bagi tubuh sebelum berpuasa. Jika tidak sahur, tentu tubuh tidak memiliki cukup energi untuk bisa tetap beraktivitas normal selama puasa, sehingga yang terjadi adalah tubuh terasa lemas.

Saat sahur, Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin seperti karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Selain itu, jangan lupa juga untuk minum banyak air guna menghindari tubuh dari dehidrasi.

2. Menghindari Gangguan Pencernaan

Aktivitas berpuasa kerap kali berdampak pada terganggunya pencernaan, sembelit terutama. Hal ini akibat tidak adanya asupan serat dan air selama berpuasa. Nah, manfaat makan sahur adalah untuk mempersiapkan pasokan serat dan cairan tubuh sehingga sembelit dapat dihindari. Selain itu, manfaat sahur bagi kesehatan sistem pencernaan lainnya adalah mencegah terjadinya masalah lambung.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh yang berpuasa mungkin saja mudah terserang penyakit. Hal ini disebabkan oleh adanya penurunan kinerja sistem kekebalan tubuh saat berpuasa.

Kondisi tersebut akan tetapi tidak akan atau sulit terjadi jika Anda makan sahur. Dengan bersantap sahur, sistem imun senantiasa berada di dalam performa terbaik dalam menghalau mikroorganisme jahat yang hendak menginfeksi tubuh.

4. Meredakan Sakit Kepala dan Kram Perut

Puasa bisa saja menyebabkan Anda mengalami sakit kepala, pun kram perut. Manfaat sahur adalah untuk mencegah dua hal tersebut terjadi pada Anda. Utamanya jika Anda mengkonsumsi 2 – 3 gelas air hangat saat sahur, kepala dan perut jadi lebih rileks sehingga terhindar dari rasa sakit saat puasa.

5. Membantu Diet

Makan sahur, terutama jika mengonsumsi makanan kaya protein akan membantu tubuh untuk dapat membakar lemak, dengan catatan Anda juga harus mengimbanginya dengan melakukan olahraga ringan di pagi hari.

Selain itu, manfaat sahur untuk membantu program diet menurunkan badan saat puasa ini dikarenakan sahur membuat Anda jadi tidak berlebihan saat menyantap menu buka puasa. Dengan begitu, pola makan tetap terkontrol.

6. Melancarkan Peredaran Darah

Peran air putih saat sahur menjadi begitu penting. Pasalnya, minum banyak air putih, terutama air putih hangat saat sahur dapat menetralisir sekaligus membuang tumpukan lemak di dalam tubuh. Dengan begitu, racun-racun akan ikut terbuang, yang kemudian berdampak pada lancarnya peredaran darah di dalam tubuh.

Itulah manfaat sahur yang penting untuk Anda ketahui. Mulai sekarang jangan malas makan sahur ya! Makan sahur busa membuat puasa Ramadhan Anda lebih lancar. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com