Bikin Ketupat Anti Gagal, Ini Tips Agar Ketupatmu Enak dan Pulen

Home / Gaya Hidup / Bikin Ketupat Anti Gagal, Ini Tips Agar Ketupatmu Enak dan Pulen
Bikin Ketupat Anti Gagal, Ini Tips Agar Ketupatmu Enak dan Pulen Ilustrasi ketupat di hari Raya Idul Fitri (Foto : Freepik)

TIMESKEDIRI, JAKARTAKetupat merupakan salah satu makanan wajib di hari raya Idul Fitri yang cocok disandingkan dengan opor ayam ataupun rendang. Untuk itu TIMES Indonesia membuat tips untuk kamu agar ketupatmu di hari raya Idul Fitri 2020 berhasil serta enak dan pulen. Begini caranya :

1. Siapkan Bahan Membuat Ketupat

Ketika membuat ketupat, maka kamu harus menyiapkan beberapa bahan. Di antaranya adalah beras sesuai dengan jumlah ketupat yang dibutuhkan. Lalu air matang, garam, daun pandan, dan bungkus anyaman ketupat dari helai daun kelapa yang masih muda.

2. Langkah Memasak Ketupat

Pertama, masukan beras ke dalam baskom berukuran sedang dan cuci menggunakan air bersih mengalir. Lalu ganti air pada baskom dan rendam kira-kira 10 sampai 15 menit dan aburkan garam atau bumbu penyedap lalu aduk hingga rata. Diamkan beberapa saat. Setelah bumbu lumayan meresap, buang air rendaman dan tiriskan beras selama beberapa menit.

Apabila beras sudah lumayan kering, masukan ke dalam anyaman ketupat bersama potongan daun pandan. Daun pandan akan memberikan rasa gurih dan menciptakan wangi yang mengundang selera. Rebus air sampai setengah mendidih dan masukkan ketupat sampai benar-benar terendam.

Tunggu 4 sampai 5 jam sebelum ketupat diangkat. Celupkan ke dalam air dingin selama beberapa menit dan tiriskan dengan cara digantung.

3. Tips Membuat Ketupat Pulen dan Enak

Pertama, pastikan anda memilih anyaman ketupat berwarna hijau dan segar. Pilih beras yang berkualitas dan pulen. Agar lebih gurih, jangan lupa tambahkan bumbu pelengkap pada campuran nasi didalam anyaman.

Cara bikin ketupat ini penting karena tanda bumbu, nasi kepalmu tidak akan terasa enak.

Kamu bisa menambahkan garam, daun pandan, bumbu penyedap, irisan bawang putih, atau merica.

Itulah tips untuk kamu agar ketupat yang kamu bikin di hari raya Idul Fitri 2020 berhasil serta enak dan pulen. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com