Bawang Putih Efektif Menurunkan Kolesterol?

Home / Gaya Hidup / Bawang Putih Efektif Menurunkan Kolesterol?
Bawang Putih Efektif Menurunkan Kolesterol? Ilustrasi - bawang putih diyakini punya manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol (FOTO: doktersehat)

TIMESKEDIRI, JAKARTA – Selain sebagai bumbu dapur, bawang putih juga terkenal dengan sifat obat yang luar biasa, yang dapat membantu mencegah dan mengobati sejumlah besar penyakit. Salah satunya, bawang putih diyakini punya manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Benarkah?

Studi yang telah diterbitkan dalam Canadian Journal of Cardiology mengungkapkan, bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol. Penelitian yang melibatkan hewan dan manusia ini menunjukkan hasil penurunan kolesterol LDL apabila bawang putih dikonsumsi sebanyak satu setengah gram atau satu gram sehari. Nah, konsumsi bawang putih ternyata tidak menurunkan kadar kolesterol HDL dan hanya menurunkan kolesterol LDL. 

Kemampuan menurunkan kolesterol dari bawang putih tampaknya tergantung pada dosis. Artinya, semakin banyak bawang putih yang dikonsumsi, maka semakin rendah kolesterol turun.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam U.S National Library of Medicine National Institutes of Health mengungkapkan, efek penurun kolesterol dari bawang putih tampaknya hanya sementara.

Sebelum memutuskan untuk banyak-banyak konsumsi bawang putih, sebaiknya Anda langsung bertanya kepada dokter tentang dosis dan keamanannya. Pasalnya, konsumsi bawang putih dapat berinteraksi dengan kondisi penyakit tertentu atau obat-obatan tertentu, termasuk saquinavir, obat yang digunakan untuk mengobati infeksi HIV.

Selain mengonsumsi bawang putih, Anda perlu mengatur gaya hidup agar kolesterol lebih terkontrol. Cobalah untuk memilih makanan yang menyehatkan jantung, seperti makananan yang kaya asam lemak omega 3 dan serat larut. Mulailah mengurangi makanan berlemak jenuh dan lemak trans. Usahakan untuk berolahraga setiap hari dan tingkatkan aktivitas fisik sesuai kemampuan tubuh. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com