Gunung Ranti Terbakar Hebat, Pendakian Gunung Ijen Banyuwangi Ditutup

Home / Berita / Gunung Ranti Terbakar Hebat, Pendakian Gunung Ijen Banyuwangi Ditutup
Gunung Ranti Terbakar Hebat, Pendakian Gunung Ijen Banyuwangi Ditutup Kebakaran hutan di Gunung Ranti. (Foto : Istimewa)

TIMESKEDIRI, BANYUWANGIGunung Ranti, didekat Gunung Ijen, Banyuwangi, terbakar hebat. Selain kepulan asap menutup akses jalan, kebakaran hutan ini juga menyebabkan jalur pendakian Gunung Ijen ditutup sementara.

Pantauan TIMES Indonesia, dari jalan menuju destinasi unggulan Bumi Blambangan tersebut, tepatnya di jalan raya Desa Taman Sari, kobaran api terlihat cukup jelas. Hembusan angin yang cukup kencang, ditambah banyaknya ranting kering, membuat api cepat menjalar. Kepulan asap pun tertiup hingga menutup akses jalan.

Petugas Kepolisian Polres Banyuwangi, yang berjaga langsung menginstruksikan para wisatawan untuk membatalkan rencana pendakian ke Gunung Ijen.

“Kondisinya cukup lumayan, sampai menutup jalan, pohon juga ada yang tumbang. Jangan sampai ini nanti mengganggu keselamatan,” ucap Kapolres Banyuwangi, AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, Sabtu malam (19/10/2019).

Informasi di lapangan, terdapat empat orang pendaki yang terjebak kobaran api. Guna langkah evakuasi, kini Polisi sedang menelusuri lokasi titik api.

Sementara itu, Humas Perhutani KPH Banyuwangi Barat, Sunardi, juga membenarkan kebakaran di Gunung Ranti. Namun, dari hasil pantauan pihak Perhutani, kebakaran terjadi di lereng gunung yang masih berada dalam wilayah Kabupaten Bondowoso.

“Tim di lapangan bersama Waka ADM masih di atas, titik api masih di perbatasan,” katanya.

Hingga saat ini, si jago merah masih melalap pepohonan di Gunung Ranti. Sebelum api padam, diprediksi jalur pendakian ke Gunung Ijen, Banyuwangi, masih tetap akan ditutup. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com