Kebutuhan Kambing Kurban Idul Adha di Blitar Telah Tercukupi

Home / Berita / Kebutuhan Kambing Kurban Idul Adha di Blitar Telah Tercukupi
Kebutuhan Kambing Kurban Idul Adha di Blitar Telah Tercukupi Jenis kambing Boer di Kontes Kambing Boer Blitar Cocoa Festival 2019 di Desa Kemloko, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Sabtu ( 13/7/2019). (Foto: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESKEDIRI, BLITAR – Kebutuhan kambing kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1440 H telah tercukupi di Blitar, Jawa Timur. Bahkan stok kambing dari peternakan di Kabupaten Blitar melimpah sehingga jumlah kambing yang tersisa, disediakan untuk memenuhi pasar di luar kota.

Hal itu diungkapkan, Saiful Bakri, Penasehat Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) kepada TIMES Indonesia disela acara Kontes Kambing Boer Blitar Cocoa Festival 2019 di Desa Kemloko Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, Sabtu ( 13/7/2019).

"Dari  HPDKI, malah kita sudah punya stok bahkan sudah ada kontrak dengan pembeli dari Jakarta, Bekasi, Bandung dan Surabaya. Semua kandang kandang kami sudah penuh," urai pria yang akrab disapa Gus Ipul ini.

Menurut Gus Ipul, populasi kambing di Kabupaten Blitar ini sangat signifikan banyak. Sampai sampai dia tidak bisa menghitung berapa ribu ekor kambing yang dijual Anggota HPDKI saat perayaan Idul Adha.

"Jumlah pastinya saya kurang tahu berapa tepatnya. Yang pasti kita bisa memenuhi permintaan kambing di kota lain," kata pria yang juga menjabat Penasehat DPP Indonesia Goats Breeding ini.

Selain itu, dia menjelaskan, HPDKI lebih konsentrasi ke pengembangan kambing pedaging. sedangkan, Indonesia Goat Breeding (IGB) berorientasi untuk mengembangkan kambing seni kontes.

Menurutnya, ada dua keuntungan beternak kambing seni kontes. Tatkala  menghasilkan anakan yang layak untuk dikonteskan maka akan memberikan hasil yang sangat luar biasa karena harga bisa tinggi tetapi manakala anakan tidak masuk di kelas kontes maka masuk ke pedaging.

 "Seperti kambing PE, punya keuntungan pertumbuhan kambing lebih cepat. sebagai contoh kambing PE badannya lebih tinggi dari kambing boer meskipun berumur sama  14 bulan, kambing PE tingginya sudah mencapai 1 meter," jelas Gus Ipul tentang kambing kurban Idul Adha di Blitar. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com