Pantau Arus Mudik di Batam, Ini Kata Menhub RI

Home / Berita / Pantau Arus Mudik di Batam, Ini Kata Menhub RI
Pantau Arus Mudik di Batam, Ini Kata Menhub RI Menhub RI, Budi Karya didampingi Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat melakukan pantauan arus mudik di Pelabuhan Pelni Batuampar, Batam, Sabtu, 25/5). (FOTO: Ali for TIMES Indonesia)

TIMESKEDIRI, BATAM – Menteri Perhubungan (Menhub RI), Budi Karya, meminta PT Pelni menambah frekuensi kapal untuk melayani rute Batam-Belawan, Medan, maupun sebaliknya.

Hal ini disampaikan Budi saat meninjau kesiapan Pelabuhan Batuampar, Batam dalam melayani arus mudik Lebaran tahun ini, Sabtu (25/5/2019). “Kami instruksikan kepada PT Pelni agar menambah frekuensinya. Di Pelabunan Belawan sudah bagus, maka di sini (Pelabuhan Batuampar) juga harus dibenahi,” ungkap Budi.

Budi mengatakan, pihaknya telah menyampaikan kepada PT Pelni agar jumlah angkutan mudik tahun ini lebih memadai. Selain itu, kata Budi, kapal-kapal yang ada juga harus lebih premium.

Menhub-Budi-Karya.jpg

“Kalau frekuensinya banyak seperti ini, Batam-Belawan, tentu akan lebih ekonomis juga. Dari satu sisi korporasi akan memberikan keuntungan, juga masyarakat sebagai pengguna jasa bisa lebih enjoy seperti halnya untuk kelas-kelas bisnis lainnya,” ungkap Budi.

Hal itu disampaikan Budi sekaligus menjawab pertanyaan wartawan terkait adanya pergeseran penumpang dari angkutan pesawat ke kapal laut, menyusul masih tingginya harga tiket pesawat.

Dalam kesempatan tersebut, Budi meminta kepada Badan Pengusahaan (BP) Batam sebagai pengelola Pelabuhan Batuampar Batam menambah fasilitas di pelabuhan. Di antaranya tenda bagi penumpang yang akan naik ke kapal, termasuk tenda untuk posko kesehatan.

“Kalau melihat kapasitas pelabuhan ini, mesti ada tenda. Jadi kontainer-kontainer yang ada di pelabuhan agar dikurangi. Sehingga penumpang tidak terlalu jauh menuju pelabuhan,” ujarnya.

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H Nurdin Basirun mengatakan, setiap tahun jumlah pemudik di Kepri, khususnya Batam-Belawan terus bertambah. Dengan peningkatan tersebut, Gubernur berharap agar pemerintah dapat membantu membangun terminal yang refresentatif.

“Kemarin ada tenda di pelabuhan, namun sekarang ditutup (terhalang) oleh kontainer. Kalau tenda, penumpang merasa lebih nyaman karena udara terbuka. Nantinya akan kita dirikan tenda lagi untuk memberi pelayanan dan kenyamanan penumpang yang akan naik ke kapal,” ujarnya.

Dalam kunjungannya ke Pelabuhan Batuampar Batam, Menhub Budi Karya, Gubernur Kepri, dan Kepala BP Batam menyempatkan berbincang dengan penumpang kapal Pelni KM Doro Londa di ruang tunggu keberangkatan.

Menhub RI menemui beberapa pemudik dan menanyakan kesiapan mereka mudik tahun ini menuju Belawan, Medan, Sumatera Utara (Sumut). Juga hadir mendampingi Menhub RI yakni Dirut PT Pelni (Persero) Insan Purwarisya L Tobing.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com