Pandemi Covid-19, Ini Cara Bijak Tetap Sehat di Hari Raya Idul Fitri

Home / Berita / Pandemi Covid-19, Ini Cara Bijak Tetap Sehat di Hari Raya Idul Fitri
Pandemi Covid-19, Ini Cara Bijak Tetap Sehat di Hari Raya Idul Fitri Ilistrasi - Tenaga Medis (FOTO: Astroboys2019 via Bored Panda)

TIMESKEDIRI, JAKARTA – Tahun ini umat islam di Tanah Air menjalani bulan Ramadhan yang tidak biasa. Semua orang berjuang dengan kondisi masing-masing di tengah pandemi Covid-19 yang mendera. Kondisi ini juga mengharuskan kita menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1441 H dengan cara berbeda.

Idul Fitri selalu diidentikkan dengan pakaian baru dan beragam jenis makanan tersaji. Kue-kue kering, opor, dan ketupat selalu hadir menemani silaturahmi bersama keluarga besar.

Kali ini, selain dilarang mudik, warga pun tak bisa mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan untuk menyiapkan lebaran. 

Kondisi ini bagi sebagian orang menjadi hal yang sedikit memilukan. Namun kondisi ini tidak perlu menghilangkan esensi Idul Fitri.

Idul Fitri adalah momentum umat muslim untuk kembali kepada kesucian setelah selama sebulan ditempa dengan ujian. Untuk itu, kesemarakan di luar unsur ibadah pokok tidak perlu dirisaukan.

Esensi utama dari Idul Fitri adalah perubahan karakter dan peningkatan ketakwaan kepada Allah SWT. Warga perlu diajak memahami bahwa pakaian baru bukanlah kebutuhan pokok.

Wabah Covid-19 ini memang telah mengubah hidup banyak orang. Kendati ini merupakan krisis kesehatan, namun pandemi ini juga berdampak pada sektor ekonomi masyarakat.

Meskipun tidak bisa bertemu dan bersalaman secara langsung, silaturahmi tetap harus bersambung. Hal ini, agar esensi silaturahmi Idul Fitri tidak hilang di tengah pandemi Covid-19 seperti yang melanda banyak negara, termasuk di Tanah Air. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com