7 Pilihan Buah Segar untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Home / Berita / 7 Pilihan Buah Segar untuk Menjaga Kesehatan Jantung
7 Pilihan Buah Segar untuk Menjaga Kesehatan Jantung Ilustrasi.

TIMESKEDIRI, JAKARTA – Buah memiliki segudang manfaat, untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk kesehatan jantung. Rutin konsumsi buah tertentu dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Dilansir dari sehatq.com, berikut ini buah yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

1. Apel

Apel dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Sebab, apel mengandung serat larut, yaitu jenis serat yang bisa menurunkan kadar kolesterol, di dalam darah.

Apel juga mengandung polifenol (zat kimia pada tumbuhan), yang memiliki efek antioksidan. Dibanding daging buahnya, kulit apel memilliki kadar polifenol yang lebih tinggi. Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi apel, beserta kulitnya.

Salah satu jenis polifenol yang dikandung apel adalah flavonoid epicatechin. Flavonoid ini, bisa menurunkan tekanan darah. Lebih dari itu, buah yang baik untuk jantung ini pun mampu mengurangi kadar oksidasi LDL (kolesterol jahat).

2. Pisang

Kalium adalah unsur kimia, yang dibutuhkan tubuh, untuk menyehatkan jantung. Sebab, kalium mampu mengontrol tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah jantung. Dengan mengonsumsi satu buah pisang, Anda sudah memenuhi 9% rekomendasi asupan harian kalium.

Selain itu, pisang juga kaya akan serat. Sebuah membuktikan bahwa pola makan yang kaya serat, bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Terlebih lagi, serat juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

3. Buah beri

Kelompok buah beri, seperti stroberi, blueberry, blackberry, hingga raspberry, baik untuk jantung. Mengonsumsi beragam buah beri, dalam keadaan mentah, yang sudah dibersihkan, bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Zat kimia yang ditemukan dalam buah beri, diyakini bisa membasmi peradangan penyebab tekanan darah tinggi. Dengan demikian, jantung dan tubuh secara keseluruhan pun sehat serta dijauhkan dari penyakit.

4. Melon jingga

Melon jingga, atau yang dikenal sebagai cantaloupe, mengandung banyak air. Ketika Anda mengonsumsi buah yang baik untuk jantung ini, tubuh akan terhidrasiTugas jantung dalam memompa darah pun, akan terasa ringan. Itulah sebabnya, buah ini masuk ke dalam daftar buah yang baik untuk jantung.

Karena mengandung serat tinggi, melon jingga mampu menurunkan risiko serangan jantung, diabetes. Buah ini pun mampu membantu Anda menurunkan berat badan, supaya terhindar dari obesitas.

5. Jeruk

Buah yang menyegarkan dan mengandung banyak air ini, bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, menyehatkan kulit, menurunkan kadar kolesterol, hingga baik untuk jantung.

Jeruk mengandung vitamin C, serat, kalium, dan kolin. Semua komponen ini sangatlah menyehatkan untuk jantung.

Sebut saja kalium, yang bisa menghindarkan jantung dari kondisi aritmia (detak jantung yang tidak normal).

6. Kiwi

Kurangi garam dan tambahlah porsi kalium. Ini adalah saran yang diberikan American Heart Association (AHA), untuk jantung sehat.

Jika Anda bosan dengan pisang, kiwi bisa menjadi penggantinya. Buah yang dagingnya berwarna hijau segar ini, mengandung kalium. Satu buah kiwi, memiliki 215 gram kalium, atau setara dengan 5% dari RAH orang dewasa.

7. Pepaya

Sama seperti kiwi, pepaya juga akan kaya serat dan kalium, yang bisa menyehatkan jantung Anda. Jika sedang mencari buah terbaik untuk kesehatan jantung, pilihan paling mudah adalah konsumsi buah pepaya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com